SMK NEGERI 1 SIMPANG ULIM GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN RPP DAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS

SMK NEGERI 1 SIMPANG ULIM GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN RPP DAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS

Aceh Carong | Aceh Timur – SMK Negeri 1 Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur melaksanakan kegiatan Workshop Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran dan Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS pada tanggal 28 s/d 30 Oktober 2019. Acara tersebut dihadiri Kasi GTK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur Syariful Azhar, S.Pd.

Dalam sambutannya, Antoni Samad, S.T Kepala SMK Negeri 1 Simpang Ulim mengatakan bahwa workshop kurikulum ini setiap tahun kita laksanakan, agar guru dapat lebih siap menghadapi pembelajaran selama satu tahun kedepan.”

Menurut Antoni, kegiatan workshop kurikulum tahun ini lebih terfokus pada penguatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan penilaian berbasis HOTS.

“Workshop ini sengaja kita rancang agar semua komponen fokus pada pembuatan RPP dan Penilaian. Dua komponen ini sangat penting dalam kurikulum 2013. Secara teknis, nantinya guru-guru akan langsung menyusun RPP dan penilaian dalam menyusun contoh soal berbasis HOTS,” jelas Antoni.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Faisal, S.T., juga menyampaikan hal yang sama, “kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran.

“Kegiatan workshop penyusunan perangkat pembelajaran ini merupakan agenda rutin Bidang Kurikulum SMK Negeri 1 Simpang Ulim untuk memberikan penguatan kepada guru,“ lanjut Faisal.

Faisal menambahkan, kegiatan workshop ini akan berlangsung selama tiga hari dimulai Senin s/d Rabu (28 – 30 Oktober 2019) yang diikuti oleh seluruh guru produktif dan beberapa koordinator guru Adaptif, Normatif SMK Negeri 1 Simpang Ulim berjumlah 24 orang, dan satu orang instruktur dari LPMP Aceh.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur yang diwakili oleh Kasi Pengembangan GTK mengatakan bahwa, penguatan kompetensi guru tidak hanya terfokus pada metodologi pengajaran saja, tetapi penguatan administrasi juga sama pentingnya.

“Guru kita tidak hanya memiliki kemampuan metodologi saja, tapi kemampuan menyusun administrasi pembelajaran juga harus ditingkatkan,” kata Syariful Azhar, S.Pd.

Syariful menambahkan, kegiatan workshop ini, diharapkan mampu menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang sesuai dengan perubahan terbaru kurikulum 2013.

“Saya berharap kepada semua guru agar serius mengikuti kegiatan ini dan dapat menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang sesuai dengan perubahan terbaru. Setelah kegiatan ini saya akan meminta pengawas pembina untuk melakukan supervisi guru agar mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Simpang Ulim dapat berjalan lebih baik,” papar Syariful menutup sambutannya.

Laporan : Faisal

Ichwan Nazmi
CONTRIBUTOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Error while loading reCapcha. Please set the reCaptcha keys under Theme Options in admin area

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos