Sebanyak 40 Peserta Mengikuti Bimbingan PPK

Sebanyak 40 Peserta Mengikuti Bimbingan PPK

ACEHCARONG I Pijay – Sebanyak 40 peserta terdiri unsur pengawas sekolah dan kepala sekolah mengikuti Bimbingan Teknis Pengimbasan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) integrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Pidie Jaya,

ACEHCARONG I Pijay – Sebanyak 40 peserta terdiri unsur pengawas sekolah dan kepala sekolah mengikuti Bimbingan Teknis Pengimbasan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) integrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Pidie Jaya,

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya, Siful, M.Pd, Selasa. (10/12/2019) mengatakan bimbingan ini dalam rangka membangun generasi cerdas dan berakter di Kabupaten Pidie Jaya. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 9 – 13 Desember 2019.

“Hal ini menunjukkan bahwa Pidie Jaya menganggap kegiatan Bimtek PPK integrasi SPAB sangat penting, “ ujar Saiful seraya mengatakan kegiatan serupa sudah di lakukan pada tanggal 24-27 Juli lalu.

Menurut Saiful, sejak dahulu masyarakat Aceh sudah memiliki karakter dan budaya yang sangat baik, namun fakta saat ini, terjadi banyak pergeseran nilai-nilai luhur, sehingga perlu ditanamkan kembali pendidikan karakter yang merupakan hal penting yang perlu dilakukan dalam upaya membentuk moral bangsa.

Kegiatan ini di pandu oleh 2 orang Fasilitator Daerah yang sebelumnya sudah dilakukan bimtek dan dinyatakan lulus, yaitu Hamidah, M.Pd. dan Nurhayati, M.Pd dan dipandu oleh fasilitator nasional, Dra. Evita Adnan, M.Psi. sebagai penjaminan bahwa mutu bimtek telah sesuai dengan arah tujuan.

Sementara, Kemendikbud diwakili Kasi Program Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Sabura Su’ud Putra, mengatakan bahwa urgensi penguatan karakter bangsa melalui budi pekerti dan pembangunan karakter peserta didik sangat penting karena gerakan penguatan karakter adalah fondasi dan ruh utama pendidikan.

“PPK menjadi salah satu program prioritas nasional, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimplementasikan penguatan karakter penerus bangsa dengan menyelenggarakan pendidikan yang mampu memperkuat karakter bangsa melalui budi pekerti dan pembangunan karakter,”sebutnya.

Adapun landasan hukum kegiatan ini, kata adalah Sabura, sesuai dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang PPK dan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang PPK.

“Tak hanya olah pikir (literasi), PPK mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan olah hati (etik dan spiritual) olah rasa (estetik), dan juga olah raga (kinestetik). Keempat dimensi pendidikan ini harus dilakukan secara utuh, menyeluruh dan serentak,” ujarnya.

Lalu pada tahun 2016, telah disosialisasikan Program PPK kepada 538 sekolah yang terdiri atas Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dari 34 propinsi se-Indonesia. Unsur-unsur yang dilibatkan tidak hanya Kepala Sekolah (KS), melainkan juga Pengawas Sekolah (PS), Guru dan Komite Sekolah.

Kemudian, pada tahun 2017, telah diselenggarakan Bimbingan Teknis PPK bagi 1626 Kepala Sekolah SD dan SMP serta 547 pengawas sekolah seluruh Indonesia.

Tahun 2018, Bimbingan Teknis Pengimbasan Program PPK bagi 3000 peserta yang terdiri dari unsur KS dan PS di 120 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Peserta yang lulus pada kegiatan bimtek selanjutnya difasilitasi untuk menyebarluaskan PPK ke satuan pendidikan yang lain di sekitarnya.

Pada tahun 2019 ini, menyusul tingginya resiko bencana di Indonesia, PPK diintegrasikan materi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), dilaksanakan di 139 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia atau bagi 3.970 orang.

Pembangunan SDM sebagai fondasi pembangunan bangsa ini dalam rangka mempersiapkan Generasi Emas 2045 yang bertaqwa, nasionalis, tangguh, mandiri, dan memiliki keunggulan bersaing secara global.

Fauzan
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Error while loading reCapcha. Please set the reCaptcha keys under Theme Options in admin area

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos