Pembukaan FLS SMK Tahun 2019 Berlangsung Meriah

Pembukaan FLS SMK Tahun 2019 Berlangsung Meriah

Aceh Carong – BANDA ACEH : Pembukaan kegiatan Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang SMK tingkat Provinsi Aceh berlangsung meriah.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 26-30 Juni 2019 di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd., M.Pd didampingi Sekretaris Disdik, dan Kabid Pembinaan SMK membuka secara resmi FLS SMK yang ditandai dengan pemukulan rapai.

Pembukaan FLS SMK tahun 2019 dimeriahkan oleh penampilan musikalisasi puisi literasi siswa SMAN Modal Bangsa Aceh. Selain itu juga diisi dengan motivasi literasi oleh Muhammad Kautsar, sekretaris Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMAN Bireuen. Kautsar memaparkan kiat sukses GLS SMAN 1 Bireuen dengan berbagai kegiatan literasi.

Ketua Panitia FLS SMK tahun 2019, Drs. Zulkarnain melaporkan bahwa peserta kegiatan merupakan siswa SMK yang berasal dari 23 Kabupaten/Kota se-Aceh. Ada tiga bidang yang dilombakan yaitu Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi Nusantara, Lomba Sudut Baca Vokasi, dan Lomba Moda Literasi Bergerak. Kegiatan tersebut bertemakan “Inovasi Multiliterasi Menyiapkan Remaja Milenial Cakap di Era Disrupsi”.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin menyatakan bahwa literasi merupakan perintah pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya literasi dijalankan. Begitu pentingnya kegiatan literasi sehingga Kemendikbud memerintahkan untuk membentuk Satgas Gerakan Listerasi Sekolah pada tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, dan satuan pendidikan.

Dinas Pendidikan Aceh sudah membentuk Satgas GLS, tetapi masih banyak Kabupaten/Kota yang belum membentuk Satgas GLS.

“Berbicara literasi tidak dapat dipisahkan dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh. Saya mengucapkan terima kasih kepada IGI Aceh di bawah pimpinan pak Imran yang sudah mengembangkan literasi di seluruh Aceh. Kegiatan Satu Guru Satu Buku (Sagusaku) telah membuat guru mampu menulis buku yang ber-ISBN. Saya berharap IGI Aceh terus membantu Dinas Pendidikan untuk mengembangkan literasi di seluruh Aceh,” kata Syaridin di akhir sambutannya.[]

Penulis : Darmawan
Editor : Rusydi

Fauzan
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Error while loading reCapcha. Please set the reCaptcha keys under Theme Options in admin area

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos