Marzatul Terpilih Duta Baca MAN 4 Aceh Besar 2019

Marzatul Terpilih Duta Baca MAN 4 Aceh Besar 2019

Aceh Carong | Tungkob – Marzatul siswi kelas XI-IAG dinobatkan sebagai Duta Baca MAN 4 Aceh Besar tahun 2019. Ia merupakan pengunjung dan pembaca buku terbanyak di Perpustakaan MAN 4 Aceh Besar. Peringkat kedua dan ketiga diraih oleh Winda Aulia dan Hilya Suri Safra. Hadiah dan penghargaan diserahkan oleh Ketua Tim Pengembang Madrasah, Nurchaili, S.Pd., M.Kom, saat upacara bendera, senin tanggal 28 Oktober 2019 itu bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Penghargaan juga diberikan kepada penulis puisi, artikel, dan sinopsis terbaik.

Menurut Kepala Perpustakaan MAN 4 Aceh Besar, Suryani ZN, S.Ag, pemberiaan penghargaan ini merupakan agenda rutin tahunan perpustakaan MAN 4 Aceh Besar dalam rangka menumbuhkan budaya literasi di kalangan peserta didik.

“Mengingat pentingnya  budaya literasi, saat ini kami telah melengkapi perpustakaan dengan buku-buku yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan”, kata Suryani.

“Semua ini kami lakukan untuk menumbuhkan semangat peserta didik dalam berliterasi,” jelasnya.

Sementara Kepala MAN 4 Aceh Besar, Hj. Nuranifah, S.Ag., mengatakan kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kemampuan literasi masyarakatnya. Budaya literasi harus ditumbuhkan dalam masyarakat, karena penguasaan literasi dapat membuka cakrawala, memperluas  wawasan,  dan  memahami  dunia  dalam lingkup yang lebih luas,” tutur Nuranifah.

Lebih lanjut Nuranifah mengungkapkan, selain memaksimalkan perpustakaan, pihaknya juga telah “menyulap” sudut-sudut madrasah yang tidak terpakai, seperti ruangan di bawah tangga sebagai ruang baca yang menyediakan berbagai sumber bacaan.

Selain itu, di halaman madrasah juga disediakan jambo (joglo) yang dapat dimanfaatkan peserta didik sebagai tempat membaca diluar jam pelajaran. Nuranifah berharap, jika literasi sudah membudaya dan menjadi gaya hidup peserta didik, maka mereka akan menjadi generasi pembelajar yang haus akan informasi dan pengetahuan.

Editor: Ichwan Nazmi

Ichwan Nazmi
CONTRIBUTOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Error while loading reCapcha. Please set the reCaptcha keys under Theme Options in admin area

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos