Aceh Raih Emas di FLS SMK Tingkat Nasional

ACEHCARONG.COM, JAKARTA | Festival Literasi Sekolah (FLS) SMK tingkat Nasional tahun 2018 yang berlangsung 27-30 Oktober 2018, telah selesai dilaksanakan. Dalam FLS yang berlangsung di Gedung Kemendikbud Jakarta dan The Mirah Hotel Bogor itu, perwakilan Aceh meraih emas, yakni dibidang cipta buku elektronik tokoh vokasi atas nama Rajawali Saputra dan Elvia Yunda dari SMKN 1

ACEHCARONG.COM, JAKARTA | Festival Literasi Sekolah (FLS) SMK tingkat Nasional tahun 2018 yang berlangsung 27-30 Oktober 2018, telah selesai dilaksanakan.

Dalam FLS yang berlangsung di Gedung Kemendikbud Jakarta dan The Mirah Hotel Bogor itu, perwakilan Aceh meraih emas, yakni dibidang cipta buku elektronik tokoh vokasi atas nama Rajawali Saputra dan Elvia Yunda dari SMKN 1 Takengon.

Menurut laporan Fitriadi kepada Acehcarong, Rabu (31/10/2018), keberhasilan Aceh tersebut setelah menyisihkan utusan dari Sumatera Barat yang bertengger di urutan dua dan perwakilan DKI diurutan tiga.

Adapun karya buku elektronik yang diciptakan oleh perwakilan Aceh, kata Fitriadi, mengangkat judul, “Pengusaha Kopi Sukses”.

Buku tersebut menceritakan tentang seorang pengusaha kopi yang sukses mengelola usahanya.

“Idenya disesuaikan dengan tokoh vokasi yang mampu membangun ekonomi masyarakat serta memilki motivasi enterpreneur,” ucap Fitriadi.

Kegiatan FLS SMK tingkat Nasional, selain kegiatan lomba siswa berupa cipta buku elektronik tokoh vokasi, cerita kearifan vokasi Nusantara, pojok baca vokasi dan moda literasi vokasi bergerak.

Tak ketinggalan dirangkai pula dengan kegiatan apresiasi seni, pameran literasi, bedah buku, dan diskusi seputar pengembangan literasi di Indonesia.

Fitriadi menjelaskan, Aceh pada tahun 2018 mengirim enam perwakilan. Mengikuti empat bidang yang dilombakan pada grand final FLS.

Adapun keenam siswa tersebut berasal dari SMKN 1 Al Mubarkeya, SMKN Taman Fajar, SMKN 1 Takengon, dan SMKN 1 Bendahara.

Setelah melewati berbagai prosesi seleksi mulai tingkat provinsi, kemudian tingkat Nasional secara daring, keenam siswa tersebut lulus 10 besar Nasional. Mereka berhak mengikuti grand final di Jakarta.

Direktur pembinaan SMK Kemendikbud Dr Bahrum ketika menutup acara, memberikan apresiasi yang luar biasa pada karya-karya siswa SMK.

“Kita akan terus berusaha memberikan kesempatan dan peluang bagi siswa SMK di seluruh Indonesia untuk dapat berkarya. Apalagi dalam menghadapi era industri. Lulusan SMK harus literat,” ungkap Bahrum.

Juara bidang lomba lainnya, bidang cerita kearifan vokasi Nusantara juara satu diraih Jawa Tengah, juara dua Bali, dan juara tiga Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan untuk bidang lomba sudut baca vokasi, juara satu diraih Riau, Juara dua Jawa Barat, dan juara tiga Jawa Timur.

Pada bidang lomba moda literasi vokasi bergerak juara satu digondol Jawa Barat, juara dua Sumatra Selatan, dan juara tiga Nusa Tenggara Barat.[]

Laporan : Fitriadi                                        Editor     : Sadri Ondang Jaya

Chaidir SE, MM
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Error while loading reCapcha. Please set the reCaptcha keys under Theme Options in admin area

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos